SELAMAT DATANG DI BLOG SDN CIPINANG BESAR SELATAN 13 PAGI

Senin, 20 Mei 2013

Asteroid Raksasa Akan Dekati Bumi Tanggal 31 Mei 2013

ASTRONOM memperkirakan Planet Bumi akan didekati oleh asteroid raksasa yang berukuran sembilan kali dengan kapal pesiar. Jarak terdekatnya dengan bumi dipastikan terjadi pada 31 Mei 2013 mendatang yang mencapai 5,76 juta kilometer atau 15 kali jarak bumi dengan bulan.

Para ilmuwan menamai batu raksasa ruang angkasa ini asteroid 1998 QE2. Penamaan ini merujuk pada asteroid yang pertama kali ditemukan Pusat Penelitian Planet Amerika Serikat di Cambridge, Massachusetts.

Asteroid memang tergolong sangat besar dari batu angkasa yang ditemukan sebelumnya. Diperkirakan memiliki luas 2,72 kilometer.

Kepala Penelitian Dr Lance Benner, dari ruang angkasa Amerika Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, mengatakan peristiwa langka ini menarik minat ilmuwan untuk mempelajari karakter dari asteroid 1998 QE2.

"Ini sangat menarik untuk melihat gambar rinci tentang asteroid untuk pertama kalinya," kata Benner seperti yang dilansir Dailymail, Sabtu (18/5).

Benner menjelaskan para ilmuwan saat ini tengah mempersiapkan radar yang menggunakan teleskop di Observatorium Goldstone, Gurun Mojave, California. Radar ini akan memindai pergerakan asteroid 1998 QE2.

Saat ini, asteroid raksasa yang mendekati bumi memang belum berbahaya, termasuk asteroid 1998 QE2. Namun ilmuwan telah menghitung bahwa pada tahun 2182 akan ada 1.800 objek bertabrakan dengan bumi yang bisa membahayakan.

source: jpnn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar